Pengertian Space Iklan Mandiri Pengganti PPC di Blog

Membahas tentang iklan mandiri mengingatkan saya pada sebuah pengalaman menarik yang dialami oleh seorang blogger yang sudah mempunyai trafik tinggi pada blognya, hingga 5000VU/day.

Namun blog tersebut masih ditolak menjadi publisher Google AdSense, entah apa alasan yang membuatnya masih tidak bisa mendapatkan uang dari Google dengan blog bertrafik tinggi itu.

Blogger tersebut hanya ingin memasang iklan dari AdSense, dia tidak tertarik untuk memasang iklan selain dengan iklan dari Google Adsense, padahal menurut saya masih banyak penyedia iklan selain dari Google.

Dengan trafik yang tinggi, sebenarnya dia bisa mendapatkan uang dari blog nya dengan membuat space iklan kosong diblognya untuk dipasangi iklan mandiri, atau menerima pengiklan manual.

Karena dengan mesang iklan mandiri sebenarnya tidak terlalu banyak persyaratan, asalkan trafik tinggi dan blog tidak menyalahi aturan Google, blog tersebut sudah bisa membuat proyek besar dengan iklan mandiri.

Iklan Mandiri Kurang Terkenal

Cara menghasilkan uang dari blog dengan cara ini memang belum begitu populer, baik itu dari sisi bloggernya maupun dari pengiklan.

Padahal banyak sekali blogger terkenal yang sudah menerapkan sistem iklan seperti ini untuk memonetisasi blognya, dan tidak menggunakan Google AdSense.

Lagipula kita tidak perlu khawatir dengan ancaman banned dan peraturan yang sangat mengerikan yang mengancam iklan kita dan juga blog kita.

Padahal pendapatan iklan mandiri ini sangatlah besar jika kita serius mengelolanya, dan juga tidak lupa dengan promosi yang sunguh-sungguh.

Blogger yang gagal dengan Google AdSense biasanya mengincar pengiklan lain yang masih berbasis PPC, padahal jika kita pintar berhitung, PPC selain Google Adsense itu sangat kecil.

Alangkah lebih bijaksananya jika kita mulai melirik iklan mandiri untuk memonetisasi blog kita, karena semua kendali ada ditangan kita, asalkan blog kita sudah mempunyai trafik dan kepopuleran yang lumayan bisa diandalkan.

Cara Kerja Iklan Mandiri

Tampilan dari iklan mandiri sejatinya sama saja dengan iklan banner, mau itu dari google adsense ataupun dari iklan PPC lainnya, jenisnya sama native ads.

yang menjadi pembeda tentu saja, karena dengan iklan mandiri kita tidak perlu berurusan dengan pihak ketiga, kita sendiri yang mengelola dan mengatur bugdet iklan untuk kita tawarkan.

Artinya kita sendiri yang langsung berhadapan dengan pemasang iklan, kita sendiri juga yang bernegosiasi soal harga, posisi banner hingga ukuran banner langsung dengan pemasang iklan.

Syarat Memasang Space Iklan

Kepercayaan adalah syarat mutlak bagi pemasang dan penyedia space iklan, dengan kepercayaan ini pula trafik menjadi patokan khusus.

Biasanya pemasang iklan hanya ingin beriklan pada blog yang bertrafik berkisaran 1000 lebih perhari, karena dasar dari ilmu jualan, dimana banyak orang disana maka disana pula kita berpromosi. Setuju ?

Menyediakan Slot Dengan Blog Gratis

Sebenarnya tidak ada aturan khusus tentang jenis blog, blog jenis apapun bisa dipasang iklan mandiri, dengan satu syarat traffic bagus.

Tetapi lebih baik menggunakan domain dan hosting sendiri karena dengan blog mutlak milik sendiri kita bebas menerima jasa iklan meskipun melanggar kebijakan google.

Tapi ingat, jangan mengunakan domain gratisan, karena sungguh itu akan merugikan anda sendiri.

Menentukan Harga Iklan

Banyak sekali yang bisa diperhitungkan untuk penentuan harga space iklan ini, diantara kita bisa membuat pertimbangan dengan isi konten dari blog kita, trafik, dan lain sebagainya.

yang perlu diingat adalah banyak sekali pemasang iklan yang tidak ingin memasang iklan pada blog yang bertarif tinggi, alias mahal. Kita bisa membuat iklan murah terlebih dahulu, nanti juga kalau pemasang iklan puas, harga bisa negosiasi kembali.

Anda juga bisa mencoba perhitungan harga banner iklan dengan rumus CPM. Contoh harga yang anda tawarkan adalah $.0,2 / 1000 tayang.

Dengan hal ini anda bisa memberikan harga banner kecil dengan ukuran 125×125, ini rumus baku nya. (PageView dalam satu bulan : 1.000) x $.0,2 = Harga Space atau banner Iklan anda.

Cara Memasang Iklan Mandiri

Cara yang bisa diambil adalah dengan menyisipkan Script pada blog anda, anda bisa pasang di slidebar atau header bisa juga anda pasang di footer, sesuai kesepakatan dan harga yang sesuai.

Seperti itu sebenarnya anda sudah bisa menyediakan space iklan mandiri, tetapi anda bisa mengatur tata letak banner dan memposisiannya dengan sangat rapih, dan mempromosikan kepada penyewa space.

Nice yang Bisa Digunakan

Ini jawabannya tergantung, tidak ada niche spesifik untuk menerapkan iklan madiri ini, karena pengiklan akan menimbang terlebih dahulu niche yang cocok dengan iklan yang akan dipasanginya.

Tapi blog gado-gado juga bisa menjadi alternatif jika anda ingin memasang iklan mandiri, asalkan syaratnya blog aman dan tarfik tinggi.

Cara Mencari Pengiklan

Biasanya pengiklan akan datang sendiri ke blog anda, jika blog anda memang ramai dengan pengunjung, apalagi jika niche blog anda cocok dengan materi yang akan diiklankan.

Jika memang tidak ada pengiklan yang datang, anda bisa menjemputnya dengan cara mempromosikan blog anda diberbagai media sosial, atau forum bloging dan adversite.

Atau anda bisa menuliskan satu postingan diblog anda, bahwa anda menerima pemasangan banner diblog anda, dan tujukan slot kosong diblog anda yang bisa diisi oleh pengiklan.

Keuntungan Memasang Iklan Mandiri

Jelas keutungannya sangat banyak, selain yang sudah saya bahas diatas anda juga bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan jika pengiklan puas beriklan di blog anda.

Misalnya anda diminta untuk menjadi brand ambassador dari produknya, itu bisa jadi jika pengiklan sangat puas dengan iklan diblog anda.

Kerugian Memasang Iklan Mandiri

Ada keuntungan pasti ada kerugian, meskipun masih terbilang masih bisa terselasaikan dengan keuntungan yang didapat.

iklan mandiri

Saya sudah merangkum beberapa kerugian yang akan didapatkan, ini sesuai dengan pengalaman pribadi saya ketika mendapatkan iklan mandiri diblog saya.

Variasi Iklan

Ini mungkin bukan suatu kerugian tetapi hanya kekurangan saja, yaitu jenis iklan atau bentuk iklan yang monoton.

Pengunjung akan merasa bosan karena terus-terusan disuguhi iklan yang itu-itu saja, berbeda dengan iklan dari Google, variasi dan jenis iklan akan terus berubah-ubah seiring dengan halaman yang dibuka.

Penghasilan Tetap

Penghasilan tetap terkadang tidak selalu bagus, adakalanya penghasilan tetap menjadi kerugian bagi anda, contohnya begini.

  • Jika blog anda di monetisasi dengan Google Adsense, semakin banyak view maka semakin banyak juga hasil yang akan anda dapatkan.
  • Jika blog anda terdapat sebagai afiliasi maka semakin banyak transaksi yang terjadi karena blog anda maka penghasilan anda juga semakin besar.

Tetapi berbeda jika anda memonetisasi blog anda dengan iklan mandiri, seberapa besarpun view anda bertambah, maka penghasilan anda akan tetap sama dengan kesepakatan awal, tidak akan bertambah.

Kecuali jika ada SOP diawal kontrak iklan, dan menyebutkan jika view bertambah atau penjualan bertambah maka anda akan mendapat royalti lebih dari pengiklan.

Kesimpulan

Membuat iklan mandiri memang asik, karena kita akan sedikit lega untuk tidak memikirkan banned dan persyaratan yang banyak dari Google atau penyedia iklan lainnya.

Belum lagi persyaratan tersebut kadang tidak kita ketahui, tau-taunya blog kita ditolak dan tidak layak mengikuti program partner adsense.

Tetapi anda perlu menggaris bawahi satu hal, bahwa memasang iklan mandiri itu tidak mudah, ada beberapa hal yang perlu anda kuasai, misalkan trafik dan niche yang sesuai dengan pengiklan dan lainnya.

Belum lagi mencari pengiklan yang cukup sulit, karena pengiklan akan dengan jeli mempertimbangkan membeli space iklan ditempat anda.

Tetapi apapun itu, tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk memulai memasarkan blog anda dengan iklan mandiri, karena jika anda sukses mendapatkan satu saja pengiklan, maka pengiklan lain akan berdatangan.

Itu saja dari saya kali ini, semoga bermanfaat untuk anda yang sedang kebingungan mencari cara mendapatkan uang dari blog.

Manusia sederhana yang suka belajar dan menuliskan pengalaman yang didapat ke dalam sebuah blog.


Kita ngobrol yuk !

Tanyakan pertanyaan yang jelas, agar kami memahaminya.

Diskusi kita . . .

  1. Akhirnya menemukan artikel yang tepat, thank Aa.

    Reply
  2. Mau pasang tapi gimana caranya ya dapat visitor ?

    Reply