Blogger Baru ? Hindari 7 Kesalahan Fatal Pada Pengaturan WordPress

Anda wajib menghindari beberapa kesalahan pengaturan pada WordPress jika anda serius menjadi blogger, meskipun terlihat sepele tetapi ini sangat fatal jika anda lewatkan.

Sebelum kita membahas lebih lanjut mari kita sama-sama sepakat dulu, bahwa yang kita bahas kali ini adalah ngeblog di platfom WordPress.org bukan di tempat lain agar kita lebih mudah untuk membahasnya.

Memang platform untuk ngeblog itu ada banyak sekali, tetapi yang paling populer dan akrab ditelinga kita hanya ada tiga, yaitu Blogger (blogspot), WordPress.com dan WordPress.org.

Kita tidak akan bahas perbedaanya kali ini, karena perbedaan mereka bertiga sudah sering dibahas diblog lain, bahkan ketika kita ketikan kata kunci WordPress vs Blogger di Google, sampai halaman 10 Google masih terus ada dan rupa-rupa warnanya.

Ada yang menjelekan blogspot dan memuji WordPress, dan ada juga yang sebaliknya, maka dari itu saya tidak akan membahasnya, karena setiap blogger punya selera dan kemampuan masing-masing.

Apa Itu WordPress.

Sebenarnya tidak perlu saya bahas lagi pengertian dari platform yang satu ini, tapi untuk mengurangi kesalahpahaman mari kita perjelas, bahwa WordPress.org itu adalah WordPress yang dihosting ditempat kita membeli hosting, atau sering disebut WordPress berbayar.

Padahal WordPress nya itu sendiri 1000% gratis, hanya saja kita perlu membayar penyedia hosting untuk mengonliekannya.

Jika anda baru menggunakan WordPress atau pernah menggunakan sebelumnya, pasti anda akan mengatakan bahwa sangat mudah untuk menginstall WordPress, hanya satu klik lalu blog atau website anda sudah terinstall.

Bagi blogger baru yang mau yang mau mencoba WordPress atau berencana migrasi dari Blogger (blogspot), anda juga pasti akan merasakan kemudahan itu, bahkan menurut saya, lebih sulit di Blogger daripada di WordPress.

Tapi jangan salah, dibalik kemudahan itu ada sebuah masalah yang akan anda hadapi dikemudian hari, karena saking mudahnya jika anda melupakan beberapa pengaturan penting dan membiarkannya dalam keadaan default.

Ini harus diperhatikan, apalagi jika anda blogger baru yang mau mencoba WordPress, karena pengaturan default itu tidak baik dan bahkan bisa-bisa mengancam keselamatan WordPress anda.

Lagipula pengaturan default ketika menginstall WordPress ini sangat tidak dianjurkan oleh para penggiat SEO.

Pengaturan Default WordPress

Seperti yang telah saya singgung diatas, bahwa kemudahan menginstallnya itu sekali klik saja, banyak sekali blogger baru bahkan blogger lama melupakan detail dari pengaturan WordPress itu sendiri, diantataranya:

Membiarkan Akun Admin Default

Ini yang marak terjadi, bahkan saya jamin blogger lama juga ada yang masih menggunakan “admin” atau “administrator” sebagai username login mereka ke wp-admin atau dashboard WordPress.

Kenapa ini bisa disebut pengaturan salah, karena anda tau popularitas WordPress ini sangatlah pesat, banyak sekali Hacker yang mengincar blog atau website yang dibuat dengan WordPress.

login wordpress

Mereka memanfaatkan Brute Force untuk membobol akun anda, dengan menebak password dengan bantuan alat canggih, bisa jadi anda menjadi korban jika membiarkan username anda default seperti itu.

Bukan hanya password yang harus dibuat rumit, seharusnya username juga harus dibuat serumit mungkin untuk menghindari urusan dengan hacker yang bisa saja mengambil alih blog anda.

Tidak Menghapus Sample Page

Pernah melihat Hello World ketika anda selesai menginstall WordPress ? nah inilah yang disebut dengan sample page, yang wajib ada ketika WordPress selesai di install.

sample page

Saya sering sekali melihat sample page tidak dihapus diblog baru, bahkan sampai blog hampir populer, sample page ini bisa mempermalukan anda jika ada pengunjung yang mengakses blog anda, anda akan terlihat sangat awam dan tidak profesional.

Lagian Hello World ini akan terindex di Google kalau tidak segera dihapus, dan ini akan berakibat fatal untuk blog anda kedepannya, karena jika anda mulai malu disebabkan adanya Hello World diblog anda, pasti anda akan menghapusnya kan?

Tapi sudah terlambat, sample page ini sudah terindex, ketika dihapus ini tidak baik untuk SEO, karena akan membuat blog baru anda sudah mempunyai error 404.

Sembarangan Download Theme (Template)

Banyak sekali orang yang membagikan template secara gratisan, bahkan template premium pun mereka gratiskan, satu saran saya jangan pernah tergiur dengan theme seperti itu, para master menyebutnya dengan theme nulled atau palsu.

Sejatinya template premium yang dibagikan gratisan itu ada maksud dan tujuan tertentu, bisa saja mereka menyisipkan kode-kode berbahaya di template nya, atau bisa juga mereka menyisipkan malware.

Kerugian yang didapat sangatlah besar jika anda menggunakan template nulled, karena jika situs anda terkena malware maka situs-situs yang satu hosting (jika anda dishare hosting) akan terkena imbasnya juga, bahkan IP address blog anda bisa diblokir, ini mengerikan.

Jika anda tertarik dengan theme premium anda sebaiknya membeli dari developernya, karena selain jaminan aman, anda juga akan mendapatkan kepuasan dari segi support dan update.

Tapi kalau anda belum siap keluar uang untuk menggunakan template premium, alangkah bijaksananya jika anda menggunakan template gartis yang tersedia di dashboard WordPress, dan jangan pernah mendownload diluar WordPress.

Permalink Default

Ini juga adalah sebuah kesalahan sepele yang sering diabaikan, tapi berimbas besar untuk kemajuan blog anda, permalink default WordPress mengikuti ID postingan yang anda buat, seperti ini contohnya : imammunandar.com/?p=123 .

permalink

Sebaiknya anda ganti permalinknya dengan judul postingan anda, karena menurut SEO juga permalink itu lebih baik mengandung kata kunci, seperti yang telah saya bahas di Cara Optimasi SEO On Page.

Jika anda tetap membuatnya default maka saya jamin ketika artikel anda banyak yang sudah terindex, dan anda mulai menyadari letak kesalahan, maka disanalah letak repot yang sesungguhnya, harus redirect harus ini harus itu.

Mengabaikan Update WordPress

Banyak sekali blogger yang mengabaikan peringatan update dari WordPress, mereka terlalu fokus pada konten, padahal jika dibiarkan WordPress anda menjadi usang.

Penting sekali untuk memperhatikan Update dari WordPress dan pluginnya, karena fungsi dari update tersebut adalah memperbaharui fitur dan juga yang terpenting menutup celah bagi hacker yang mengintip kelemahan WordPress.

Jika anda abai dalam hal update, maka sudah dipastikan situs atau blog anda akan mulai lemot, karena itu tadi WordPress anda sudah usang, dan yang parahnya lagi celah yang terbuka akan semakin membuat hacker girang.

Melupakan Back-up

Sepele sih tapi ketika anda mengalami crash atau bahkan kehilangan sesuatu disitus atau blog anda, baru anda akan menyadari perihnya penyesalan karena melupakan back-up file website anda.

Sekarang untuk memback-up blog sangat mudah, banyak sekali plugin yang bisa anda temui untuk memudahkan proses back up data anda.

Jangan sampai menyesal karena lupa memback-up file, saya adalah salah satunya yang sekarang sangat menyesal tidak memback-up blog.

Perlu diketahui blog ini sudah menemani saya sejak tahun 2016, tetapi anda bisa lihat sendiri postingan blog ini baru beberapa biji, itulah sialnya saya melupakan back-up ketika pindah hosting, akhirnya membuat blog baru dengan domain dan hosting lama, jangan sampai anda seperti saya dikemudian hari.

Terlalu Banyak Plugin

Plugin sejatinya adalah alat bantu yang memudahkan anda dalam mengelola WordPress dan juga kinerjanya.

Tetapi jangan salah ketika anda terlalu banyak menginstall plugin itu sama saja anda membebani server dengan keras.

Kinerja server anda akan sedikit melambat karena beban yang berat, bukan tidak boleh menginstall banyak plugin, boleh-boleh saja selama anda butuhkan, tapi pastikan anda mengetahui fungsi dan benar-benar membutuhkan plugin tersebut.

Plugin bukanlah koleksi, semakin banyak plugin bukan semakin bagus, malah memberatkan server, apalagi jika terdapat dua plugin yang sama fungsinya, wah itu mah sudah pemborosan, pemberatan dan buat apa juga duh.

Ok itulah beberapa kesalahan dalam pengaturan WordPress yang seharusnya anda hindari sebagai blogger baru ataupun blogger lama, tapi blogger lama masa iya melupakan hal-hal tersebut.

Semoga bermanfaat, dan ingat blogging itu bukan sekedar bikin artikel lalu anda ditinggalkan begitu saja, tempat anda menulis juga harus diperhatikan dan dirawat.

Manusia sederhana yang suka belajar dan menuliskan pengalaman yang didapat ke dalam sebuah blog.


Kita ngobrol yuk !

Tanyakan pertanyaan yang jelas, agar kami memahaminya.