Facebook Ads to Adsense, Menguntungkan Atau Malah Merugikan ?

Facebook ads to Adsense memang sekarang sedang menjadi perbincangan dikalangan blogger untuk blog dan websitenya, saya pun mulai penasaran dan ingin mencoba teknik penambangan dolar yang satu ini, karena memang dibeberapa grup komunitas blogger topik ini sedang sangat hangat-hangatnya diperbincangkan, karena sumber dolar dari teknik ini sungguh luar biasa.

Bukan dari segi penghasilan saja yang bisa meningkat, teknik ini juga bisa meningkatkan traffic blog atau website secara signifikan bahkan bisa disebut instan, tentu saja ini adalah impian para blogger.

Sebelumnya saya juga pernah bermain Facebook ads, tetapi untuk kepentingan brand saya bukan untuk menambang dolar, maka dari itu saya sudah cukup paham dalam membuat ads di facebook mulai dari membuat kampanye iklan sampai pembayaran, dan ini suatu keutungan untuk saya, tidak sulit ko memasang iklan di FB Ads, itu sama saja dengan memasan iklan di Google Adwords.

Syarat dan Ketentuan

Oh iya, sebelum anda memasang iklan di FB ads, anda diwajibkan mempunyai akun Facebook terlebih dahulu, tetapi akun Facebook yang sudah ada Fanspage nya, gampang ko cara bikin Fanspage, saya mencoba iklan ini dengan blog saya yang dulu, tidak dengan blog ini, karena blog ini terbilang baru, jadi belum ada adsense nya.

Saya mencoba teknik ini dengan anggaran biaya iklan 500.000, selama 7 hari, artinya saya mengeluarkan biaya iklan sebesar kurang lebih 80.000 untuk satu hari, tetapi semakin besar biaya harian anda semakin besar pula trafik yang masuk ke blog anda, karena semakin banyak biaya yang ada keluarkan, iklan akan terus berjalan sebelum anda menghentikannya.

Saya tidak berharap banyak dengan teknik ini, karena saya tau ini seperti mencoba mendapatkan lotre, dan juga ini adalah tahap percobaan bukan teknik yang saya pakai dalam membuat blog saya ramai.

Iklan di Facebook Sangat Mewah

Iklan di Facebook ini sangatlah mewah menurut saya, karena kalian bisa pasang iklan di Facebook sekaligus akan tampil iklan kalian di Instagram tanpa kalian membuat kampanye baru, dan anda tidak perlu juga mempunyai akun instagram.

Karena sudah diketahui bersama Instagram adalah milik Facebook, jadi Facebook memberi opsi kepada para pemasang iklan untuk memasang iklan di FB sekaligus IG, atau hanya di FB atau IG saja.

Tapi jangan salah loh, mendaftar FB ads ini cukup susah loh, karena kebijakan facebook sekarang mulai ketat, tidak sembarang konten atau produk bisa diiklankan di Facebook, meskipun kita sudah membayar Facebook.

Tetap saja iklan yang kita ingin tayangkan harus melewati tahap review terlebih dahulu, tetapi jangan khawatir, meskipun nanti iklan kalian gagal tayang, saldo kalian tidak akan terpotong ko, karena memang tidak dipakai kan.

Menurut saya, menggunakan teknik ini mempunyai keutungan dan juga kerugian, bahkan hampir banyak ruginya dari untungnya, mari kita bahas teknik ini dari kedua sisi.

Tapi ingat ya ini versi saya, yang sudah mencoba beberapa kali memasang kampanye iklan Facebook Ads to Adsense.

Keuntungan Facebook ads to AdSense

Dari segi keutungan sudah jelas bahwa dengan teknik ini kalian bisa mendatangkan trafik ke blog anda dari Facebook, instan sih dan lumayan menambah pundi-pundi dolar di adsense.

Dari 500.000 pertama yang saya habiskan itu mendapat trafik hampir 200.000 pageview yang mengarah ke blog saya, dan juga pageview relate artikel di blog saya.

Itu saja keuntungan yang saya rasakan selama menggunakan teknik ini, hanya penambahan view dan beberapa pundi dolar yang masuk.

Karena saya tidak menerapkan teknik lain seperti iklan yang menjebak pengunjung atau iklan float, atau iklan yang disembunyikan dibelakang gambar, resikonya lebih banyak soalnya.

Kerugian Facebook ads to Adsense

Nah ini nih yang paling memperihatinkan, dari segi kerugian tergolong cukup banyak, bahkan bisa berakibat fatal bagi adsense dan blog kalian, nih saya rinci beberapa hal negatif yang saya rasakan selama menjalankan teknik ini.

Trafik non Organik

Dengan datangnya trafik dari Facebook tidak serta merta membuat trafik kita menjadi organik atau alami, tentu saja karena ini adalah trafik yang dalam tanda kutif adalah dipaksa.

Mereka dipaksa meliat blog kita dengan membayar facebook, mereka tidak ingin mendapat pencerahan dari blog anda yang ditayangkan oleh Facebook.

Karena mereka sedang bersosial media bersama teman mereka, bukan mencari solusi dari artikel, tetapi mereka disuguhkan iklan dan akhirnya klik iklan anda, masuklah mereka ke blog anda.

Bersifat Sementara

Kenapa sementara ? karena memang ketika biaya anda untuk menayangkan iklan habis, maka iklan anda tidak akan tayang lagi dong, jadi trafik kita bisa datang deras ketika uang kita masih ada, tetapi kalau sudah habis ya habis pula jam tayang kita, betul tidak ?

Apalagi banyak yang melakukan teknik ini dengan konten viral atau yang sedang hits, tentu saja konten yang seperti ini kalau sudah tidak viral lagi meskipun diiklankan jutaan kali juga tidak akan mendatangkan trafik, kecuali orang yang disuguhi iklan tidak up to date.

Jarang Ada yang Tertarik

Begini saja, kalian kan punya Facebook, kalian tentu juga sering melihat iklan di Facebook, apa kalian mau mengklik iklan tersebut ? mending kalau kalian kasih judul menarik atau bermanfaat.

Lah ini sudah mah tutorial blog target iklan kalian ibu rumah tangga yang bukan blogger, ya sudahlah boncos, kemudian kembali ke hal yang tadi, alasan mereka tidak mau klik iklan anda adalah mereka sedang bersosial media bukan sedang mencari tutorial atau pemecahan masalah.

CPC Irit

Sudah lah ini sudah tidak perlu dijelaskan lagi, karena menurut master-master dan pakar-pakar peradsenan, CPC adsense selain dari Mesin Pencari (target keyword), CPC nya akan kecil, bahkan sangat kecil, karena tadi juga sempat disinggung, ini bukan organik.

Tapi ini sebuah pemaksaan, bukan menurut master saja, saya juga mengalaminya sendiri, intinya jangan mau hehe.

Invalid Traffic Rawan Banned Adsense

Sudah bukan rahasia lagi kalau Google Adsense ini sensitif, ada istilah Invalid Traffic, ini disebabkan dari klik dan tayangan yang menggelembung secara tiba-tiba dan tidak wajar.

Bisa saja traffic yang kalian hasilkan dari FB Ads disebut dengan traffic yang menipu, atau bisa juga terjadi hal yang tidak diinginkan, yaitu Invalid Activity dan Invalid Click.

Banyak yang meneluh bahwa traffic dari FB Ads ini dianggap Invalid oleh Google adsense, karena jelas Invalid klik atau traffic adalah hal yang sangat dibenci oleh Google dan juga Adsense, ini masih wajar karena hanya akan berdampak pada traffic tinggi tetapi penghasilan sedikit.

Tetapi ada lanjutnya setelah itu, Google Adsense anda bisa saja dinonaktikan karena alasan invalid klik dan juga dibanned nya Google Adsense anda, bahkan domain atau blog anda yang di banned. hmmm.

Kesimpulan

Kenapa saya berani mengatakan seluruh hal diatas ? hingga menyebutkan Facebook to Ads ini berbahaya dan bahkan bisa membuat akun adsense anda di Banned atau blog anda di banned ?

adsense banned
adsense nonaktif

Karena saya mengalaminya sendiri, saya memasang menjalankan teknik ini, berharap mendapatkan adsense yang besar, tetapi apa yang saya dapatkan ?

Google Adsense saya dibanned dan domain saya yang dulu juga dibanned tidak bisa menampilkan iklan adsense lagi, lihat saja blog saya yang dulu, tidak ada lagi iklan adsense.

Himbauan

Jika kalian serius menjadi publisher adsense, jangan coba bermain Blackhat SEO untuk mendapatkan segalanya dengan cara instan.

Kalian belajar saja teknik blogging yang baik dan benar, dan patuh terhadap aturan Google, ingat Google sangat sensitif, jangan main-main dengan Google, jika memang serius jadi publisher, mulailah tingkatkan teknik menulis yang baik, dan perdalam ilmu SEO nya, jujur saja saya tidak mengerti SEO, ada yang mau ngajarin saya ?

Manusia sederhana yang suka belajar dan menuliskan pengalaman yang didapat ke dalam sebuah blog.


Kita ngobrol yuk !

Tanyakan pertanyaan yang jelas, agar kami memahaminya.