Domain Gratis Freenom Berbahaya, Selain Freenom Bagaimana?

Domain Gratis Freenom Berbahaya, sebagai seorang blogger tentunya anda ingin mempunyai domain sendiri atau TLD, karena bagi anda menggunakan domain panjang yang disediakan oleh google membuat anda frustasi karena terlihat tidak keren menggunakan embel-embel blogspot dibelakang nama blog anda yang keren.

Segala cara dilakukan untuk mendapatkan domain sendiri, tetapi uang anda tidak cukup untuk membeli domain, maklum anda adalah sorang anak kost yang mulai hobi ngeblog.

Tetapi anda kekeh pengen domain blogspot itu tidak ada, bebagai cara anda lakukan untuk membuat blogspot itu tidak ada di domain anda.

Alhasil anda Tanya sama mbah google, cara mendapatkan domain gratis, ketemulah anda dengan Freenom yang memberikan domain seumur hidup, tetapi masih ada keraguan, ko belakangnya ga ada .com atau .id atau juga .net, malah ada .tk .ga dan .cf. Tetapi apa mau dikata gratis ini, yang penting blogspot hilang dari domain anda.

Alasan Menggunakan Domain Gratis Freenom

Jadilah anda daftar freenom dan menjadikan domain anda dengan nama sendiri, wuss keren abis pokoknya, padahal dibalik kemudahan itu ada sesuatu yang sedang mengincar anda, meskipun tidak, itu akan berdampak negatif pada blog yang anda sayangi, mau keren eh malah ancur itu blognya, hihihi.

Wah kata siapa menggunakan domain dari freenom (domain gratis) akan berdampak buruk buat blog ? jangan salah mas, google sudah lama menganggap ekstensi dari domain gratis sebagai spam domain.

Karena apa ? karena google sudah tau, banyak sekali domain gratis tersebut yang disalahgunakan oleh para oknum web phising, tentu anda juga pernah dapat sms untuk mengklik blog dengan ekstensi seperti itu kan ? hayoo ngaku.

Kenapa Menggunakan Domain Freenom Versi Gratis Itu Bahaya ?

Ko disebut versi gratis ? jangan salah, freenom juga punya domain berbayarnya, Cuma freenom memberikan domain gratis dengan ekstensi yang tadi disebutkan sebagai salah satu teknik promosi mereka.

Bukan hanya promosi, domain-domain gratis itu adalah ektensi dari negara-negara yang kesulitan atau belum familiar dengan internet terutama dengan blog dan domain.

Seperti di Indonesia yang mempunyai extensi domain .id dan domain-domain gratis dari freenom itu sebenarnya diperuntukan untuk ektensi sebuah negara, contonya untuk Negara Gabon itu .ga.

Reputasi domain freenom yang berbayar dimata google tentunya sama bagus dengan penyedia layanan domain yang lain, tetapi yang gratis ini yang membuat Googlebot atau robot index search engine kewalahan, dan menganggap ekstensi gratisan tersebut adalah bahaya.

Domain Gratis Freenom

Blog dan situs yang ditempeli domain gratisan dianggap spam, banyak kasus blogger yang menggunakan blogspot ditambahi domain seperti itu yang dihapus oleh google.

Tapi saya pake wordpress atau blog yang dihosting, tidak akan dihapus dong ? hmm, sanbox dan deindex siap menyerang kalian, percuma jadi blogger tapi blognya tidak diterima oleh mesin pencari, bener kan ?

Apakah semua itu salah Freenom ?

Tentu saja tidak demikian, freenom hanya menjalankan programnya untuk menggaet para blogger atau pengguna situs untuk mampir kehalaman jualannya, semua ini akibat dari para oknum yang tidak bertanggungjawab dengan apa yang dilakukannya dan menggunakan jasa freenom.

Mereka menggunakan freenom untuk peretasan dan hal negatif lainnya, ini tentu saja membuat Google Webmaster murka.

Tapi mungkin freenom juga ada sedikit salahnya juga, salahnya dari segi transparasi aturan dalam pengggunaannya, mereka tidak menyebutkan secara langsung apa saja yang menjadi kebijakan dalam penggunakan jasa mereka.

Ingat segala yang gratis tidak selamanya gratis, karena pasti ada aja hal lain yang disembunyikan, disembunyikan dari kita yang menggunakannya, bukan suudzan, tapi lebih ke hati-hati.

Solusi Bagi yang Sudah Pakai Domain Gratis Freenom ?

Solusinya ya hapus domainnya dong, dan jangan gunakan lagi freenom, bahkan menurut saya menggunakan embel-embel blogspot.com lebih terhormat dari pada menggunakan domain gratisan freenom.

Kalian pakai domain dari freenom yang gratis, orang udah tau ko kalau itu gratis, jadi apa bedanya dengan kalian menggunakan blogspot.com dibelakang domain kalian, toh sama-sama gratis.

Bahkan dari segi keamanan lebih terjaga menggunakan blogspot.com dari pada blablabla.tk, bener ga ?

Lagian dari segi SEO anda perlu tau juga menggunakan ekstensi blogspot.com jika tembus page one, itu sangat sulit digeser oleh yang lain, percayalah jika anda tepat menerapkan teknik SEO pada domain Blogspot.com anda, dan anda diberikesempatan menempati page one, maka artikel anda yang di page one itu sangat sulit untuk digeser oleh kompetitor.

Kenapa bisa begitu ? memang menggunakan blogspot itu sangat sulit untuk dioptimasi, karena mendapatkannya sangat mudah, anda tinggal membuat blog baru dan jadilah blog anda dengan ekstensi blogspot.com.

Tetapi jika google telah mempercayai blog anda yang berekstensi blogspot.com, itu artinya kepatuhan dan kualitas blog anda 100% disayang oleh google.

Lagian apa susahnya sih menggunakan TLD yang resmi, misalnya .com .net dan yang lainnya, domain sekarang udah murah-murah, Cuma seratus ribuan, itupun sewa selama setahun, coba aja ga nyampai 1000/hari loh, bahkan 500/hari mungkin.

Jika kalian keberatan dengan .com atau .net yang harga rata-ratanya seratus ribuan, kalian bisa gunakan ektensi my.id, ektensi tersebut lumayan murah loh, Cuma Rp.12.000/tahun, biaya perpanjagannya juga ga lebih dari itu.

Seriusan Rp.12.000/tahun itu my.id, ga percaya coba deh kalian cek sendiri di berbagai penyediankasa domain, sorry ga bakalan nyebut brand deh hehee.

Bagaimana Penyedia Domain Gartis Selain Freenom ?

Ini pertanyaan yang kerap saya dapatkan ketika mempublikasikan domain gratis dari freenom itu berbahaya, mereka menanyakan apakah domain gratis selain freenom aman ?

Jawabannya hanya satu, asalkan ekstensinya tidak yang sudah dianggap spam oleh google itu masih dibilang aman, yang pasti domain versi gratis dari freenom udah jelas dicap spam oleh google.

Jika anda kekeh ingin menggunakan domain gratis anda bisa mencari alternatif lain, contohnya domain .eu.org. itu masih domain yang bisa anda dapatkan secara cuma-cuma dan belum dianggap spam oleh google.

Karena itu adalah domain Eropa kalau tidak salah, dan mendapatkan domain gratis berekstensi eu.org juga lumayan sulit, tapi 100% anda mendapatkannya tanpa sepeserpun mengeluarkan uang.

Dari segi keamanan ekstensi domain tersebut jelas aman, kalian tau kan Eropa bagaimana kejelian dalam menerapkan keamanan mereka.

Penutup dan Kesimpulan

Menggunakan domain dengan nama sendiri memang sangat keren, tetapi kalian juga harus memperhatikan satu hal, yaitu keamanan, saya tidak menyebutkan freenom tidak aman, tetapi saya menegaskan bahwa sesuatu hal yang diberikan secara Cuma-Cuma, pasti meminta imbalan yang sepadan dengan yang diberikannya.

Jangan terlena dengan hal yang didapatkan secara gratis, menurut pepatah “Ada Harga, Ada Barang”, harga murah saja sudah dipandang sebelah mata dari segi keamanan, apalagi yang gratisan.

Domain gratis selain atau dari freenom sebaiknya anda uji terlebih dahulu, apakah sering dipakai oleh spammer atau tidak, jika jawabannya “ya” maka anda jangan gunakan, anda tidak mau kan blog anda disebut blog spam.

Tapi jika jawabannya “tidak”, mungkin bisa anda gunakan dengan membaca terlebih dahulu persyaratan dan apa yang penyediannya minta.

Ok itu dulu dari saya kali ini, semoga kalian mendapat sedikit pencerahan atas apa yang dari tadi jari saya katakan. Semoga bermanfaat.

Manusia sederhana yang suka belajar dan menuliskan pengalaman yang didapat ke dalam sebuah blog.


Kita ngobrol yuk !

Tanyakan pertanyaan yang jelas, agar kami memahaminya.