Cara dan Langkah Optimasi SEO On Page Untuk Webiste dan Blog

Cara Optimasi SEO On Page – Banyak sekali faktor yang mempengaruhi sebuah website atau blog bisa naik peringkat dimata Search Engine, salah satunya adalah menerapkan teknik yang di sebut SEO (search engine optimization) atau dalam bahasa Indonesia Optimasi Mesin Pencarian, dalam hal ini Google atau Bing Search.

Praktik SEO ini tidak bisa dianggap remeh, bahkan bisa dibilang sangat sulit untuk diterapkan, apalagi jika anda sebagai pemula dalam dunia blogging atau optimasi mesin pencarian ini, karena salah sedikit saja ketika anda menerapkan teknik SEO ini, maka hasilnya website dan blog anda bisa saja diindex atau tidak dianggap oleh mesin pencari, mau bagus malah jelek kan.

Maka dari itu jika anda ingin menerapkan teknik SEO, jangan asal mempelajarinya, anda harus benar-benar faham dulu apa yang akan anda terapkan, cobalah untuk belajar tidak dari satu sumber saja, melainkan beberapa sumber yang kredibel.

Sebelum anda menerapkan SEO pada blog atau website anda, anda lebih baik mengumpulkan banyak sumber kredibel dan kemudian anda filter, selanjutnya yang anda harus lakukan adalah merangkum semua sumber itu menjadi satu, baru anda bisa menerapkannya ke blog atau website anda.

Jangan sampai anda menerapkan teknik SEO atau mengoptimasi blog dan website anda hanya dari satu sumber, karena percaya saja, teknik satu orang dengan orang lainnya itu berbeda, bahkan ada yang bertentangan, maka dari itu dibutuhkan sebuah filter yang cerdas sebelum anda menerapkannya.

Jenis Optimasi SEO untuk Blog dan Website

Untuk memudahkan praktiknya, SEO atau search engine optimization ini dibagi kedalam dua bagian, yaitu on page dan off page. Bahasan kali ini saya akan terlebih dahulu membahas tentang SEO on page, karena memang optimasi dibagian ini yang harus didahulukan sebelum menerapkan SEO off page.

Apa yang Dimaksud SEO On Page

SEO on page adalah sebuah teknik optimasi SEO yang diterapkan pada sebuah artikel atau dalam hal ini konten tulisan anda yang akan anda publish, optimasi pada SEO On Page ini hanyalah tertuju pada sebuah aturan dan strategi dalam membuat artikel.

Dengan kata lain, SEO on page ini adalah cara membuat artikel atau konten menjadi berkualitas dimata pembaca, artinya anda belajar menulis untuk manusia terlebih dahulu, membuat konten anda mudah dipahami dan juga nyaman dipelajari.

Apa sampai disana ? tentu tidak, pada SEO on page yang dioptimasi sangat baik, itu juga membuat mesin pencari atau dalam kasus ini google (karena yang sering digunakan), dengan mudah bisa menemukan konten anda.

Karena memang tujuan optimasi SEO ini adalah memudahkan mesin pencari untuk menemukan konten kita selain untuk mempercantik tampilan blog kita.

Cara Optimasi SEO On Page

Selain membuat konten yang bagus, ada beberapa langkah yang harus anda perhatikan dalam menerapkan SEO pada artikel anda, diantaranya:

Sederhanakan Permalink

Menyederhanakan permalink adalah sebuah faktor utama pada SEO yang dirilis pada tahun 2019, permalink yang teroptimasi dan mempunyai khas sederhana ini akan membuat mesin pencari mengenali topik relevan yang terindex.

Permalink yang baik merupakan susunan dari fokus keyword atau kata kunci yang anda bidik, contohnya, anda membuat fokus keyword “Belajar Bahasa Inggris”, maka sebaiknya anda membuat permalink seperti ini www.namawebsitet.com/belajar-bahasa-inggris.

Mudah memang tetapi karena kebanyakan blogger menggunakan blogspot maka permalink tersebut mengandung tanggal, tapi itu tidak menjadi suatu masalah, karena dengan menampilkan www.namawebsite.com/2021/08/belajar-bahasa-inggris juga bukan sebuah kesalahan.

Karena itu adalah sebuah default dari blogspot, jika blogspot menerapkan seperti itu, maka sudah dipastikan itu hal yang benar, karena faktanya blogspot milik google, faham kan ?

Anda tidak perlu ingin terlihat seperti postingan wordpress yang tanpa angka didepannya, cukup menjadi blogger, itu sudah cukup baik dimata mesin pencari

Judul yang Menarik Perhatian

Ketika anda menarget kan sebuah judul untuk artikel anda, alangkah baiknya anda menyisipkan kata kunci pada judul anda, dan kemudian tambahkan beberapa kata lain yang relevan dengan kata kunci anda.

Buatlah hal itu menjadi sangat menarik dan menggoda, karena ketika artikel anda muncul digoogle, jika judul anda dapat menarik perhatian pengunjung, maka saya yakin pengunjung akan langsung mengunjungi blog anda.

Lain hal nya dengan anda membuat judul asal-asalan, ketika artikel anda muncul dipencarian, maka orang akan cenderung melewatkan artikel anda, karena judul saja sudah tidak menarik apalagi isinya, itulah yang pasti terlintas.

Kemudian posisikan diri anda sebagai pengunjung dalam membuat judul ini, contoh, ketika anda mencari “Cara belajar gitar” maka judul apa yang akan anda klik ketika anda mencari artikel dengan keyword tersebut.

Optimasi Gambar

Cara Optimasi SEO

Setiap artikel pasti membutuhkan sebuah gambar untuk mendukung tampilan artikelnya lebih menarik kan ? tetapi memasukan gambar pada artikel tidak bisa secara asal pula, anda harus memberikan sentuhan optimasi juga pada gambar atau video atau juga object yang anda masukan kedalam artikel.

Hal ini dilakukan agar loading blog tidak terbebani dengan object yang tidak dioptimasi dengan baik, optimasi gambar anda dengan membuat ukuran gambar tidak lebih dari 100KB, karena lebih dari itu maka sudah pasti blog anda akan lemot.

Selain ukuran anda juga seharusnya memberi judul pada gambar yang akan anda masukan kedalam postingan anda, berikan judul tersebut dengan kata kunci yang anda target.

Setelah anda upload, jangan lupa anda menambahkan alt text dengan keyword yang anda bidik tadi, jangan sampai alt text pada gambar diartikel anda kosong, karena sayang hal tersebut jika disia-siakan.

Perhatikan Format Penulisan

Untuk memudahkan pembaca anda, anda sebaiknya membuat artikel anda secara terstruktur dengan jelas dan terarah, cara mudah untuk membuat struktur pada artikel anda yaitu dengan memanfaatkan Heading dan Sub Heading pada artikel anda.

Tools itu sejatinya mempunyai peran vital dalam sebuah artikel, karena tugas heading dan kawan-kawannya adalah memecah sebuah artikel menjadi beberapa bagian, jika anda sering membaca buku, heading tersebut adalah BAB, Sub BAB dan lainnya.

Selain mempermudah pengunjung anda, heading tersebut juga memudahkan mesin pencari untuk lebih mengerti topik dan bahasan anda, bot google akan lebih mudah menemukan konten anda jika menggunakan tools ini, karena konten anda mudah untuk dicrawling oleh robot mesin pencari.

Penempatan Keyword

Keyword adalah hal penting untuk mesin pencari, maka dari itu jika anda serius menerapkan SEO on page, anda harus mulai menata penempatan keyword ketika anda menulis sebuah artikel untuk memudahkan crawling mesin pencari ke konten anda.

Banyak master SEO mengatakan, selain menyimpan keyword pada judul, permalink dan deksripsi penelurusan, keyword ini juga harus disebar diseluruh artikel jika menerapkan SEO on page.

Contohnya diparagraf pertama, di Heading, sub heading, tetapi jangan sampai bahasa anda terganggu dengan keyword, yang tadinya mau menarget keyword malah membuat pembaca bingung dengan keyword yang anda sebar tidak relevan dengan kalimat-kalimat anda yang lainnya.

Belajar tata bahasa yang baik, maka anda akan dengan mudah menempatkan keyword pada artikel anda.

Dan perlu di ingat, jangan sampai juga berlebih menyebar keyword ini, cukup sebar dibagian yang telah saya sebutkan diatas, karena jika kebanyakan akan menjadi sebuah destiny, itu tidak baik bagi artikel anda, karena mesin pencari akan menyebutnya dengan spam keyword.

Template yang responsive (SEO & Mobile Friendly)

Ini sebenarnya harus menjadi poin nomor satu, karena penerapan template adalah hal yang pertama dilakukan, kenapa ini menjadi bagian terpenting, karena template yang responsive SEO & Mobile friendly adalah sebuah wadah dari blog anda.

Bayangkan saja artikel berkualitas ada pada sebuah template yang tidak seperti kategori diatas, maka semuanya akan menjadi sia-sia.

Template responsive adalah sebuah template yang kompatibel dengan media apapun, mau itu desktop, tablet bahkan di smartphone, jika template anda tidak responsive, maka ketika template anda nyaman dibuka di desktop, karena tidak responsive ketika dibuka di smartphone artikel anda akan acak-acakan, itu tidak baik dimata mesin pencari dan juga pengunjung blog anda.

Perhatikan durasi konten

Durasi konten jika dalam sebuah artikel adalah panjang sebuah artikel itu sendiri, jumlah kata dalam artikel juga menjadi sebuah patokan SEO on page yang mesti anda perhatikan.

Memang tidak ada jumlah pasti berapa kata ideal untuk satu artikel, tetapi mengingat artikel google yang selalu panjang, maka bisa dipastikan bahwa konten yang ideal itu ditulis minimal dalam 1000 word atau 1000 kata, itu adalah minimum ideal dalam membuat konten, jika lebih bagaimana ?

Durasi sangat disukai oleh mesin pencari, semakin lama pengunjung berdiam diri (aktif) dalam konten anda, semakin baik pula konten anda dimata search engine, jadi jika lebih dari 1000 kata itu lebih baik.

Tetapi ko banyak yang menulis artikelnya singkat bahkan hanya 300 kata atau 400 kata, itu tergantung kata kunci yang ditarget, kata kunci tidak melulu bisa ditulis dalam artikel yang panjang, bisa juga artikel seperti itu karena mereka sudah menerapkan teknik SEO off page dan juga didukung oleh backlink yang banyak dan berkualitas.

Kesimpulan

Teknik optimasi SEO on page sederhana yang saya tulis itu tentu tidak terlalu sulit untuk diterapkan, jika anda benar menerapkan 7 hal SEO on page yang saya tulis diatas, saya sudah bisa memastikan konten anda akan sedikit meningkat dan mulai dilirik oleh mesin pencari, dan itu cukup untuk menjadi seorang blogger.

Apakah cukup sampai disana ? tentu tidak, jika anda serius dalam persaingan pada search engine, SEO on page saja tidak cukup, bahkan sangat ketinggalan jika competitor anda telah menarapkan SEO off page.

Seperti yang telah saya singgung dipoint no 7. Artikel 1000 kata bisa kalah dengan artikel 300 kata, itu karena dukungan SEO off page, maka anda sudah harus menerapkan SEO off page yang benar jika serius bersaing dalam perebutan tahta page one.

Mungkin itu saja yang bisa bahas dalam cara optimasi SEO on page kali ini, semoga bermanfaat.

Manusia sederhana yang suka belajar dan menuliskan pengalaman yang didapat ke dalam sebuah blog.


Kita ngobrol yuk !

Tanyakan pertanyaan yang jelas, agar kami memahaminya.