Cara Membuat Blog Profesional Hanya Dengan 4 Langkah Ini

Cara membuat blog profesional bukan hanya sekedar menulis artikel dan ditinggalkan begitu saja, ada banyak langkah yang harus anda lakukan untuk membangun sebuah blog terbaik.

Kedengarannya basi jika tahun ini ada blogger yang membahas tentang cara membuat blog, tetapi membuat blog itu tidak asal dan perlu diperhatikan dari kualitas dan biayanya.

Jika anda ingin memulai membuat blog, alangkah bijaksananya jika anda mulai memikirkannya dari awal anda memulai.

Karena profesional itu tidak datang dari kebetulan saja, anda harus mempersiapkannya.

Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan sebelum memulai membuat blog secara profesional diantaranya:

  1. Tujuan membuat blog
  2. Menentukan niche yang tepat
  3. Manfaatkan alat pendukung yang powerfull
  4. Konten yang berkualitas

Secara teoritis keempat aspek itu tidak boleh anda tinggalkan begitu saja, karena hal itulah yang akan membuat blog anda terlihat profesional, mungkin bisa meghasilkan pundi-pundi uang dikemudian hari.

Meskipun keempat aspek itu bisa dilakukan berbarengan ketika blog anda mulai dikenal, tetapi lebih bijaksana dan lebih tepat jika anda mempersiapkannya dari awal.

Tujuan Membuat Blog

Ada banyak sekali orang yang membuat blog dengan tujuan masing-masing, ada yang mau menghasilkan uang, sekedar hobi dan lainnya.

Jika tujuan ada menghasilkan uang dari blog, anda boleh skip artikel ini, karena artikel ini tidak membahas tentang penghasilan, meskipun mendapatkan penghasilan dari blog salah satunya dengan membuat anda profesional.

Tetapi anda perlu tau, bahwa mendapatkan uang dari blog itu tidak semudah yang anda bayangkan, jika blog anda tidak profesional maka penghasilanpun tidak mudah anda dapatkan.

tujuan membuat blog

Anda bisa saja mendapatkan penghasilan dari blog anda yang kurang profesional, tetapi hasilnya tidak akan semaksimal jika anda membuat blog dengan serius.

Maka dari itu menentukan tujuan membuat blog itu jangan didasari dari penghasilan semata, karena percayalah penghasilan akan mudah anda dapatkan setelah blog anda mulai dikenal orang dengan title profesional.

Tujuan Membuat Blog yang Baik

Tujuan ngeblog yang baik adalah memberikan pengalaman baru bagi pembacanya, pengalaman disini adalah memberikan wawasan baru, atau memberikan sebuah solusi atau pemecahan masalah.

Rencanakan blog anda menjadi sebuah obat bagi yang membutuhkan, memberikan solusi yang tepat bagi mereka yang memerlukan solusi dan jalan keluar dari permasalahan mereka.

Tetapi ingat solusi yang anda tulis jangan asal-asalan, jangan sampai membuat solusi tapi tidak memecahkan permasalahan, intinya jangan asal tulis artikel.

Tujuan Membuat Blog yang Kurang Baik

Seperti yang telah saya singgung sedikit diatas, membuat blog itu jangan asal tulis, karena bisa merugikan orang lain (menyesatkan).

Contoh blog yang menyesatkan adalah memberikan tutorial yang asal-asalan tanpa riset yang jelas, membagikan sofware ilegal dan masih banyak yang lainnya.

Btw, tentang software ilegal, mereka memang mendapatkan solusi dari anda karena mendapatkan software gratis, tapi resiko menggunakan software ilegal itu sangatlah besar, mulai dari virus, peretasan, penyadapan dan masih banyak kerugiannya.

Jadi meskipun anda memberikan solusi tentang software ini, blog anda masih tidak profesional karena melanggar hak orang lain, apalagi ini masuk kategori hukum (pembajakan = pencurian).

Hindari membuat blog yang seperti itu, karena selain merugikan anda sendiri, hal itu merugikan banyak orang.

Tentukan Niche Blog Anda

Niche adalah bahasan pada blog, niche itu sendiri bisa menjadi ciri khas untuk blog anda, mencampur niche bukanlah hal yang salah, tetapi menurut saya itu kurang tepat.

Hindari Blog Gado-gado

Saya sempat membuat blog dengan tipe gado-gado, atau dengan kata lain artikel diblog saya campur aduk, mulai dari tutorial, agama, hingga gosip masuk ke blog saya.

Tetapi dengan seiring waktu saya batasi hal tersebut, saya bagi setiap sub bahasan ke-blog lain, karena alasannya satu. Blog gado-gado tidak profesional.

Anda bukanlah juragan cipir yang sudah membuat blog gado-gado yang sukses, banyak rintangan membuat blog gado-gado seterkenal itu.

Jika anda ingin membuat blog secara profesional anda wajib menentukan niche untuk blog anda.

Niche blog banyak sekali, asalkan dengan satu syarat, kuasai dan selalu pelajari niche apa yang akan anda buat.

Memang tidak salah membuat blog gado-gado, tetapi menurut saya itu kurang tepat jika anda mengingankan mempunyai blog yang profesional.

Kenapa Harus Menentukan Niche

Penting sekali untuk menentukan niche, karena selain blog anda mempunyai identitas yang jelas, anda juga bisa disebut ahli dalam bidang tersebut.

menentukan niche blog

Kita ambil begini, jika anda punya keluhan pada Gigi anda, apakah anda akan datang ke dokter Jantung ?

Tentu dokter gigi kan ?

Nah itu dia fungsi sederhana dari niche pada sebuah blog.

Jika anda juga bertujuan mendapatkan penghasilan dari blog, blog niche adalah yang paling tepat.

Jika anda memonetisasi blog anda dengan Google AdSense, maka iklan yang muncul akan relevan dengan isi dari blog anda, karena Google tau niche apa yang anda tulis.

Anda tau kan jika iklan yang tampil relevan dengan bahasan anda, lebih mahal harga klik dan perseribu tayangnya.

Jika blog anda gado-gado, susah untuk mendapatkan iklan relevan, karena Google tidak akan secepat mencarikan iklan yang tepat, karena Google mendeteksi blog anda adalah blog yang campuran, maka terkadang yang muncul adalah iklan random.

Dan harga iklannyapun pasti dibawah iklan yang relevan tadi.

Kasus kedua adalah jika ada pengiklan yang ingin memasang iklan diblog anda, maka pengiklan akan mencari blog yang membahas sesuai dengan produk yang mereka jual.

Tidak mungkin jika produk yang mereka jual adalah tiket dalam kasus ini sebut saja tiket.com, mau mempromosikan iklannya pada blog yang membahas tentang motivasi.

Blog gado-gado ada kemungkinan mendapatkan iklan tersebut, tetapi saya jamin kesempatannya sedikit. Dan akan lebih baik memasang konten placement dan iklan mandiri untuk blog gado-gado.

Alat Bantu & Pendukung Ngeblog yang Berguna

Alat bantu disini bukanlah sebuah perkakas, tetapi lebih ke alat penujang untuk membuat blog anda menjadi profesional.

Memilih Platform yang Tepat

Banyak sekali media untuk ngeblog ini, bahkan sangat banyak, tetapi yang paling sering kita dengar adalah blogspot (blogger.com) dan juga wordpress.com dan .org (self hosting).

Ada dua pilihan yang menarik membuat blog kita terlihat profesional, yaitu memilih blogspot dan wordpress self hosting. (wordpress.com tidak saya sarankan karena banyak sekali kerugiannya dari pada keuntungannya).

Kesampingkan platform lain, karena menurut saya hanya dua platform ini yang bisa diandalkan untuk ngeblog.

Jangan terpaku apa kata orang, bahwa tidak ada yang bisa sukses ngeblog dengan blogspot.

Ngeblog dengan blogspot juga bisa sukses dan profesional, meskipun lama untuk mencapainya.

Lama untuk mencapainya karena blogspot tidak menyertakan alat-alat bantu yang super canggih yang ada pada wordpress self hosting, tetapi anda bisa sukses dan juga bisa membuat blog anda profesional loh.

Jangan lupa juga membuat custom domain (beli domain), jangan menggunakan namakamu.blogpsot.com karena itu kurang profesional.

Banyak contohnya yang sukses dengan platform yang satu ini, kita sebut saja Sugeng Riyadi dan Igniel, mereka adalah blogger dengan blogspot, meskipun Sugeng Riyadi memindahkan blog jualannya ke WordPress.

Apalagi jika anda membuat blog anda dengan wordpress self hosting, maka dengan mudah membuat blog anda menjadi profesional.

Tetapi jika saya boleh menyarankan kepada anda, saya lebih menyarankan menggunakan WordPress hosting, karena banyak sekali keunggulannya menggunakan platform yang satu ini.

Gunakan Template (Theme) yang Bagus

Theme yang bagus bukan berarti theme yang berbayar, meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa theme berbayar rata-rata bagus.

Jika anda menggunakan blogspot, anda bisa menjumpai banyak theme gratis yang bagus untuk menjadi rumah blog anda.

Tetapi anda harus hati-hati memilih theme gratisan, karena banyak sekali theme yang telah disusupi malware berbahaya, lebih aman untuk blog anda adalah membeli theme blogspot.

Banyak penyedia theme berbayar yang bagus, bahkan sudah terkenal dikalangan blogger, diantaranya:

Dulu ketika saya ngeblog diblogpsot saya menggunakan dan membeli theme dari Sugeng yang LinkMagz, dan juga menggunakan dari Goomsite yang Charoon.

Jika anda menggunakan WordPress, anda akan lebih banyak mendapatkan manfaat dari theme ini, karena di dasboard wordpress banyak sekali theme yang bisa kalian gunakan secara gratis.

Meskipun dengan fitur yang alakadarnya, karena jika anda ingin full fitur, anda bisa membeli lisensinya kepada pengembang.

Jangan mendownload theme dari sumber yang tidak bagus reputasinya, karena sama halnya dengan blogpsot, theme wordpress juga banyak yang sudah diutak atik sourcecode nya, maka kehati-hatian itu sangat perlu.

Saran saya sih gunakan theme berbayar, contohnya GeneratePress, itu adalah theme terbaik menurut saya, meskipun harganya cukup lumayan, yaitu $59 untuk satu tahun update dan dukungan.

free generatespress
Theme GeneratePress

Anda juga bisa tidak membayar untuk tahun kedua, karena theme akan tetap aman, hanya saja tidak mendapatkan dukungan dari pengembang dan juga update.

Jika anda tertarik dengan GeneratePress saya bisa membaginya dengan anda dengan harga murah, karena GeneratePress bisa di install sampai dengan 500 blog.

Saat ini saya hanya menginstall generatepress di 4 blog saya saja, jadi boleh lah jika anda ingin ikutan memasang GeneratePress untuk blog anda dengan lisensi saya, dan itu legal loh, itung-itung saya membantu anda.

Kontak saya saja jika ada yang butuh GeneratePress premium dengan lisensi dari saya.

Tapi lagi ya, jika anda ingin GeneratePress secara gratis (versi free), anda bisa langsung menggunakannya langsung tab theme wordpress anda.

Versi free cukup powerfull untuk sekedar ngeblog, cuma itu dia resiko menggunakan free, tidak bisa merasakan fitur lainnya yang menakjubkan dari GeneratePress

Domain yang Bagus

Membeli domain itu gampang, yang sulit itu memilih domain yang tepat untuk blog anda, yang tepat disini adalah nama yang anda inginkan, kadang nama yang anda incar sudah dimiliki orang.

Contohnya, imammunandar.com itu adalah nama domain saya yang bagusnya tahun 2015 belum ada yang beli, mungkin tidak akan ada yang beli.

Tetapi tadinya saya ingin menggunakan hanya imam.com, domain itu sudah laku, maklum nama imam banyak yang punya hehe.

Mau WordPress atau Blogspot domain ini sangat berpengaruh bagi anda yang ingin membuat blog secara profesional, percayalah karena domain akan selamanya melekat pada blog anda.

Penyedia domain banyak sekali, bahkan rata-rata domain saya tersimpan di Rumahweb, sssttt, sebentar lagi saya pindahin ke Namecheap semuanya, jangan bilang-bilang Rumahweb ya.

Saya memindahkan domain saya semuanya ke namecheap hanya satu alasan, kemanan data. Hanya itu saja, searching aja kelebihan namecheap di Google banyak ko.

Hosting yang Handal

Jika anda berasal dari blogspot anda bisa skip poin ini, karena blogspot tidak membutuhkan hosting (hostingnya sudah ditanggung google).

Memilih hosting itu susah-susah gampang, ibaratnya anda memilih tempat tinggal, jika nyaman pasti anda betah, jika tidak ya nyari tempat lagi.

Saya sudah mengulasnya diartikel Perjalanan saya Ngeblog. Perjalanan saya pindah-pindah hosting sampai saya menyerah dengan hosting Indonesia.

Hosting Indonesia (Shared Hosting)

Di Indonesia sendiri banyak sekali penyedia hosting yang bagus, tetap saja sepengalaman saya hanya ada penyedia shared hosting yang bagus, yaitu:

Keduanya adalah penyedia shared hosting murah dengan kualitas yang sangat bagus, cek aja langsung, jika mendaftar lewat link diatas anda juga akan mendapatkan potongan harga khusus.

domainesia
harga domainesia

Anda bisa mengambil paket terendah domainesia paket Extra Rp.14.000,-/ bulan, Saran saya sih untuk lebih aman dari segi resource anda bisa beli paket Super, hanya Rp.30.000,-/bulan. dapat 30% diskon jika membeli langsung dari link diatas. yang berlaku selamanya.

niagahoster
harga niagahoster

Anda juga bisa mengambil paket terendah Niagahoster Paket Bayi Rp. 10.000,-/bulan, tetapi saya sarankan menggunakan paket Personal yang Rp.26.000,-/bulan, dan jika anda membeli lewat link diatas anda akan mendapatkan diskon 5% untuk semua produk.

Cloud VPS Hosting

Tetapi jika anda kurang begitu tertarik menghostingkan blog anda dipenyedia hosting Indonesia, saya akan memberikan tawaran menarik dengan hosting luar Negeri yang super bagus.

Ada dua juga penyedia luar yang saya sarankan untuk anda, tetapi kali ini beda, mereka bukan penyedia hosting, melainkan sebuah control panel VPS.

Meskipun bersifat panel, kedua produk tersebut bisa digunakan semudah menggunakan shared hosting dengan control panel.

Keduanya bukanlah penyedia hosting secara utuh, karena mereka sejatinya menyediakan panel, yang saya gunakan dan sudah teruji adalah:

  • Runcloud (Digital Ocean)
  • Cloudways
Runcloud

Jika anda tertarik dengan Runcloud anda bisa mendapatkanya secata gratis, beneran kalian bisa memiliki Runcloud 100% Free, coba cek sendiri disini Runcloud.

Runcloud juga mempunyai trialnya selamanya 5 hari, anda bebas sepuasnya mencoba runcloud dan semua fasilitasnya.

Sebenarnya Runcloud mempunyai paket berbayarnya, jika anda punya uang lebih anda bisa membayar $8 / bulan untuk full versi dari runcloud.

Tetapi jika anda tetap dengan paket free itu juga lebih dari cukup, karena perbedaan paket free dan yang $8 tidak begitu jauh, hanya terletak pada SSL dan Fitur Cache Server saja, selebihnya adalah bagian developer yang sungguh tidak akan anda gunakan sama sekali.

Meskipun saya juga menggunakan paket berbayar, karena tidak mau repot mengurus SSL diluar panel control, dan tentunya saya butuh plugin Runcloud Hub yang powerfull.

Dan jika anda ingin runcloud yang free, SSL gratis dan Cache bisa anda atasi dengan Cloudflare, nanti kita bahas dibawah, cache juga bisa diatasi dengan mudah, percayalah runcloud gratis dan powerfull.

Digital Ocean VPS

Dengan runcloud free anda hanya membayar untuk server saja, dalam hal ini Digital Ocean.

Sebenarnya banyak sekali cloud server, seperti Vultr, Linode bahkan layanan milik Google, tapi lupakan yang lain, Digital Ocean sudah the best untuk runcloud.

digital ocean
digital ocean

Harganya anda bisa dapatkan dengan $5 saja sebulan, murah lah jika dalam rupiah hanya Rp.60.000 kurang lebih, dan itu Cloud VPS bro, bukan shared hosting.

Anda bisa dapatkan juga promo dari affiliasi saya sebesar $100 untuk pemakaian 2 bulan, lumayan gratis VPS selama 2 bulan.

Silahkan jika ada yang mau Promo kredit $100 untuk 2 bulan bisa mendaftar lewat link ini, Digital Ocean $100.

Cloudways

Nah jika anda tidak mau repot mengurus VPS dengan Digital Ocean + Runcloud, anda bisa mencoba yang sudah sepaket, yaitu Cloudways.

cloudways
cloudways

Jadi anda tidak perlu 2 akun, hanya mendaftar cloudways dan anda langsung bisa memilih server VPS yang anda inginkan, harganya juga cukup terjangkau, hanya $10 / bulan dengan server Digital Ocean (tanpa perlu daftar digital ocean sendiri, semuanya sudah disediakan oleh cloudways).

Anda bisa mendapatkan trial selama 3 hari dan mendapatkan potongan 30% selama 2 bulan jika anda mendaftar dengan link dari saya ini Cloudways 30%OFF.

Pengelola DNS (Opsional)

Sebenarnya ketika anda membeli domain, anda sudah mendapatkan pengelola DNS ini, makanya saya masukan sebagai opsional.

Tetapi jika anda mempunyai banyak domain dan susah memenejnya, alangkah baiknya anda menggunakan pengelola DNS.

Banyak pengelola DNS yang berbayar dan juga gratis, tapi saya sarankan pakai pengelola DNS yang gratis saja, yaitu CloudFlare.

Cloudflare meskipun gratis tetapi dia menjadi pengelola DNS tercepat untuk saat ini, banyak ko buktinya di google.

Jika hosting anda sudah dilengkapi SSL gratis, maka anda bisa menggunakan Cloudflare yang DNS only, tidak menggunakan proxy nya.

Tapi demi keamanan DNS + Proxy nya pun bisa diandalkan ko, bahkan sangat bisa diandalkan.

Lagian ini berguna sekali bagi anda yang menggunakan Runcloud versi gratis, karena Cloudflare memiliki SSL gratis untuk semua domain yang di menej di cloudflare, karena Runcloud gratis tidak menyediakan SSL (SSL gratis hanya untuk yang berbayar).

Maka cloudflare menjadi solusi SSL untuk yang menggunakan Runcloud Gratis.

Tetapi saya tidak menggunakan Cloudflare karena saya kurang tertarik saja menggunakananya, namun tetap saja saya masih menggunkan pengelola DNS ditempat lain.

Saya tidak menggunakan DNS langsung dari penyedia domain, karena saya menggunakan Runcloud berbayar dan Digital Ocean, maka urusan SSL sudah ditanggung sama runcloud.

Dan management DNS saya serahkan sepenuhnya di Digital Ocean, karena Digital Ocean juga punya pengelola DNS diservernya.

Gunakan Plugin yang Bermanfaat

Plugin ini hanya ada di wordpress, jika anda ngblog diblogspot, lewati poin ini.

Plugin sejatinya sangat membantu kinerja wordpress anda, tetapi jika anda terlalu banyak menginstall plugin juga itu tidak baik.

Apalagi anda menginstall plugin yang sebenarnya tidak anda butuhkan, atau anda menginstall dua plugin yang berbeda dan mempunyai fungsi yang sama.

Bijaklah dalam memilih plugin, karena plugin itu bisa membantu kinerja website anda, dan kadang bisa membuat website anda malah jelek karena plugin, jika anda maruk menginsatall plugin dan tidak menyeting plugin itu secara benar.

Maka dari itu gunakan saja plugin yang benar-benar anda butuhkan, saya juga diblog ini hanya menginstall 5 plugin diluar GP Premium.

Konten yang Berkualitas

Apa sih konten berkualitas itu ?

Sebenarnya konten berkualitas itu dilihat dari cara pandang orang terhadap konten itu sendiri.

Jika anda adalah Mas Darmawan PanduanIm anda tidak akan melihat tulisan saya ini bagus dan berkualitas, tetapi jika adalah orang yang baru terjun di dunia blogging, bisa saja anda melihat tulisan ini bermanfaat dan berkualitas.

Tetapi konten berkualitas itu seperti yang telah saya singgung diatas adalah konten yang memberikan wawasan baru, pengalaman baru, untuk pembacanya.

Bahkan lebih berkualitas lagi jika konten anda bisa memecahkan masalah bagi pembacanya yang mempunyai problem yang dihadapinya.

Dengan konten berkualitas blog anda bisa dengan mudah menjadi blog yang profesional. Tanpa melupakan aspek lainnya diatas.

Karena konten berkualitas adalah faktor utama dalam sebuah perjalanan blog menuju profesional.

Lupakan dulu Optimasi SEO, karena rata-rata pemula akan kesulitan membuat konten berkualitas jika sedang mempelajari dan menerapkan optimasi SEO On Page maupun Off page.

Mereka rata-rata memperhatikan peringkat SEO nya dan mengenyampingkan konten yang seharusnya menjadi raja pada blognya.

Tetapi konten berkualitas tidak bisa lepas dari beberapa aspek diatas.

Kita berikan satu contoh :

Artikel anda adalah artikel yang bagus, berkualitas, ditulis dengan hati, bahkan memberikan pengalaman dan solusi bagi pembaca, tapi anda lupa satu hal saja dibawah ini :

  • Tidak Mempunyai Niche Tepat
  • Theme Jelek
  • Hosting Lelet

Maka pembaca anda akan :

Pembaca anda akan senang dengan artikel anda, tapi dengan mudah melupakan blog anda karena niche anda terlalu campuran dan tidak spesifik membahas solusi yang dihadapinya.

Pembaca anda datang keblog anda, tulisannya sih bagus tetapi tampilan blognya ko acak-acakan gini (kurang bagus theme-nya), maka dijamin pembaca anda kabur.

Artikel anda ditemukan diGoogle, dan pembaca anda tertarik untuk membacanya, tetapi karena blog anda lelet (hostingnya lelet), maka saya jamin juga pengunjung anda akan pergi sebelum artikel anda terbuka.

Kesimpulan

Membuat blog itu mudah, tetapi anda harus memperhatikan blog anda jika anda ingin mempunyai blog profesional.

Boleh saja jika anda ingin ngeblog asal-asalan karena hanya sebuah hobi, dan ini tidak menutup kemungkinan akan sukses, tapi dari 100% kesuksesan hanya akan anda dapatkan paling besar 50% dan itu juga hanya sebuah kebetulan.

Itu saja dari saya, semoga tulisan pendek ini bermanfaat bagi anda yang membacanya, dan semoga anda mempunyai blog profesonal secepatnya.

Manusia sederhana yang suka belajar dan menuliskan pengalaman yang didapat ke dalam sebuah blog.


Kita ngobrol yuk !

Tanyakan pertanyaan yang jelas, agar kami memahaminya.