Belajar SEO Dasar yang Berguna Selamanya Untuk Blog

Belajar SEO dasar untuk pemula adalah hal yang terpenting untuk diterapkan pada sebuah blog baru, karena ini merupakan sebuah langkah awal yang akan menunjang langkah anda selanjutnya dalam mengoptimasi blog.

Pada hakikatnya sebuah blog atau website membutuhkan sebuah sentuhan yang namanya SEO untuk mendatangkan trafik ke blognya, sebelum anda mempelajari yang lebih berat, mari kita belajar seo dasar untuk blog anda.

Sebenarnya saya belum pantas membicarakan tentang SEO, karena memang saya adalah blogger yang tidak suka bergeming soal SEO ini. Saya adalah blogger yang hanya mengandalkan update rutin (yang kata ahli seo adalah kesia-siaan semata) dan juga memanfaatkan webmaster tools.

Saya malas mempelajari SEO ini, karena nyatanya saya bukanlah seorang full time blogger, saya punya aktifitas lain selain harus bergelut dengan optimasi mesin pencari.

Maka dari itu saya tidak terlalu memperhatikan teknik yang satu ini, tetapi hal ini cukup penting makanya saya hanya menerapkan sebuah teknik SEO dasar pada setiap blog saya.

Lagi pula belajar SEO dasar ini tidak perlu mengikuti perkembangan update dari google, karena faktanya teknik SEO dari tahun ketahun selalu berubah-ubah, kita harus tetap update agar teknik yang diterapkan tidak kadaluarsa.

Apalagi bocoran dari beberapa penggiat SEO, bahwa yang sekarang ada dipage one itu menggunakan teknik yang tidak bisa dianggap remeh, menggunakan backlink super yang disebut PBN, dan selalu menjaga artikelnya tetap tampil di page one.

Saya tidak punya alasan untuk melakukan semua itu, karena keterbatasan waktu dan biaya, maklum aktifitas blogging ini hanya menjadi hobi saya, tapi bukan karena saya tidak menguasai SEO, hanya sedikit malas untuk mengoprek blog, cukup update itu saja sudah cukup untuk saya.

Oh iya ada sedikit bocoran bahwa tahun sebelumnya google telah mendatangkan algoritma terbaru yang bisa membantai teknik SEO jadul, ini artinya teknik SEO yang telah dibantai tadi akan menjadi boomerang bagi blog kita sendiri.

belajar SEO Dasae

Tapi para penggiat SEO memang sudah punya alternatif lain jika teknik yang diterapkannya sudah kadaluarsa atau sudah usang, lalu apa jadinya blogger biasa seperti kita, apa sudah punya persiapan ?

Tanpa lama-lama lagi mari kita belajar SEO dasar yang bisa disebut abadi dan bisa digunakan selamanya untuk blog anda, tanpa harus mengikuti update yang lumayan ribet.

Belajar SEO Dasar

Mempelajari teknik dasar dari optimasi mesin pencari tidak akan serumit dengan apa yang anda temui ditutorial blog lain, karena pada hakikatnya ini adalah dasar, bisa disebut juga pondasi SEO.

Teknik ini juga sering disebut dengan teknik abadi dalam optimasi search engine, karena memang teknik-teknik dibawah ini tidak tergerus oleh update dari google.

Gunakan Template SEO Friendly dan Responsive

Tampilan blog menjadi perhatian pertama para ahli SEO, ini di ibaratkan sebuah tempat tinggal yang isi nya adalah barang-barang berharga, barang berharga tersebut adalah kumpulan artikel kita.

Agar tempat kita mudah dicari dan tamu betah, maka rumah kita harus bersih dan ramah lingkungan.

SEO friendly bertugas untuk memudahkan Spider Google mendeteksi dan menemukan artikel kita, Responsif adalah sebagai penyeimbang tampilan untuk dapat menyesuaikan blog jika dibuka di layar ukuran berapapun akan mengikuti layar tersebut

Jelas template seperti ini akan menjadi teknik SEO yang abadi. Jika anda mencari template gratis, kunjungi saja, Kumpulan template SEO Friendly, sekali klik dapat banyak.

Konten Original

Konten juga termasuk sebagai teknik SEO yang abadi, tetapi bukan asal konten, konten disini adalah konten original dan berkualitas, jelas sekali bahwa ini adalah pokok utama dalam sebuah blog.

Kita analogikan, blog tanpa SEO masih sah, tetapi blog tanpa konten ? hmm jawab sendiri saja.

Saya pernah mengulas tentang SEO on page diblog ini, jika anda memang ingin mempelajarinya juga

Hidupkan Blog Anda

Hidupkan blog anda bukan berarti blog anda jalan-jalan, bukan itu, tapi hidupkan blog anda dengan membuat artikel satu saja dalam sehari, ini akan membuat blog anda hidup, juga cobalah untuk menjawab setiap komentar untuk membuat blog anda lebih hidup lagi.

Jika memang tidak bisa update setiap hari, usahakan setiap minggu terbit minimal dua artikel diblog anda, itu salah satunya menghidupkan blog anda.

Webmaster Tools / Google Search Console

Sejatinya SEO tidak pernah sempurna tanpa webmaster tool atau google search console, hal ini menjadikan bahwa GSC ini adalah sebuah teknik dasar SEO yang bisa dibilang abadi.

Daftarkan blog anda di GSA dan selalu perhatikan kesehatan blog anda, mulai dari broken link, duplicate tittle dan lainnya lagi, ini jelas akan menjadikan blog anda mempunyai SEO abadi.

Gunakan Ekstensi Domain Umum

Wah berarti ga bisa dong ngblog di blogspot.com yang tidak di TLD domainnya ? Bukan begitu maksudnya, blablabla.blogspot.com itu adalah domain resmi dari google, dan itu sudah umum.

Maksud dari domain umum adalah domain yang anda beli tanpa embel-embel gratis, domain umum adalah domain yang berekstensi umum, seperti .com .net .id. org dan lainnya.

Bagaimana dengan domain gratis ? Saya sudah ulas tentang domain gratis dan juga bahayanya, silahkan anda buka sendiri, itu tidak baik untuk SEO, apalagi kita sedang bicara belajar SEO dasar, jelas itu dilarang.

Lupakan Teknik SEO Mainstream

Ini yang terakhir dan yang paling utama, sebenarnya 5 poin diatas sudah cukup tetapi dengan melupakan teknik yang mainstream adalah cara kita menerapkan teknik SEO abadi.

Jika anda mulai menerapkan SEO yang lebih dari dasar maka anda sudah benar-benar terjun di dunia SEO, itu artinya anda sudah harus siap dengan segala update dan terus update tentang informasi dari Google.

Karena seperti yang saya sebutkan diatas, search engine optimasi ini selalu berubah-ubah, tahun ini menerapkan yang seperti ini boleh, maka tahun depannya sudah tidak boleh, ini merepotkan.

Bagi pemula cukup sudah menerapkan 5 poin diatas, karena jika anda belum terlalu mengerti tentang dunia SEO ini anda akan keteteran, yang tadinya mau membuat blog bagus tapi malah jelek.

Sebagai pemula juga menerapkan teknik yang pro bisa berakibat fatal, karena anda akan terus mengejar optimasi dan melupakan konten (update artikel), ini jelas sudah keluar dari kaidah anda dan tujuan anda menjadi seorang blogger.

Tetapi tidak salah juga jika anda memang ingin mempelajari SEO lebih dalam lagi, tidak ada yang melarang, cuma belajarlah dengan bijak dan belajar dari para ahli yang sudah teruji kualitasnya.

Ada beberapa referensi jika anda benar-benar ingin belajar tentang SEO, 3 blog ini akan membantu anda menemukan apa yang anda cari :

  1. Mas Darmawan di PanduanIm
  2. Mas Vatih Ibrahim Revorma
  3. Bang Airul di Mastah SEO
  4. A Imam di Blog Aa Imam

yang nomor 4 jangan dianggap ya hanya bercanda 🙂

Hanya tiga blog itu yang menurut saya terbaik dalam segi pembahasan dan jelas menuliskan teknik yang bisa anda pelajari.

Mungkin itu saja belajar seo dasar bersama saya, semoga bermanfaat.

Manusia sederhana yang suka belajar dan menuliskan pengalaman yang didapat ke dalam sebuah blog.


Kita ngobrol yuk !

Tanyakan pertanyaan yang jelas, agar kami memahaminya.