4 Bulan Awal Ngeblog Adalah Perjalanan yang Berat

Mungkin ada yang bertanya, berapa lama waktu agar blog kita ramai pengunjung ? atau berapa lama ngeblog sampai mendapatkan pengunjung yang loyal pada blog kita ?

Pertanyaan-pertanyaan diatas sebenarnya harus dikembalikan kepada diri kita masing-masing, bagaimana cara kita membuat blog, bagaimana kita menerapkan tekniknya, dan bagaimana kita membuat blog kita profesional.

Waktu tersebut tidak bisa diterka atau tidak ada rumus yang pas untuk menentukannya, karena blog yang satu dengan blog yang lainnya akan berbeda dalam hal ketepatan kepada pengunjung.

Itu semua ditunjang dari seberapa serius anda mmbangun sebuah blog itu sendiri, jika lebih fokus dan serius, anda akan lebih mudah menjumpai keramaian pada lalu lintas blog anda.

Lalu berapa lama untuk mencapai semua itu ?

Saya jawab dengan penuh riset tanpa keraguan, anda butuh 4 bulan untuk menjadi blogger sesungguhnya dan itu pun harus dengan kerja keras dan fokus tingkat tinggi, kalau dengan santai maka kesuksesan pun akan santai datang pada anda.

Kenapa saya mengatakan waktu untuk kerja keras hanya 4 bulan ? Karena ini adalah pengalaman pribadi saya, awal memulai ngeblog memang tidak akan mendapatkan apa-apa hanya capek dan uang untuk internet habis banyak.

Ngeblog buka pekerjaan instant, saya mendapatkan pelajaran penting dalam mengelola sebuah blog, bahwa agar blog kita dikenal dan mungkin menjadi teman search engine butuh waktu 4 bulan, itu pun dengan kerja keras dan semangat tinggi.

Memang 4 bulan pertama tersebut kita akan dibuat pusing, kita akan dibuat hampir menyerah dan kita mungkin sempat ingin menutup blog kita karena tidak mendapatkan apa-apa dari ngeblog.

Tetapi jika anda berhenti pada rentang waktu 4 bulan tersebut, maka penyesalan anda akan cepat anda temukan setelah anda ingin mencoba lagi membuat blog lain.

Mungkin jika saya menyerah pada masa itu juga blog ini tidak mungkin anda baca, perlu diketahui saya mengelola blog ini dari awal februari, dan saya sangat bersyukur akhir bulan mei blog saya mulai dikenal dan pengunjung pun banyak yang datang dari search engine.

Jujur saja saat ini blog saya ramai pengunjung, dan saya mendapatkan hal itu dalam waktu 4 bulan, itu pun saya dapatkan dari hasil kerja keras saya menulis dan belajar sana-sini.

4 bulan ngeblog adalah hal terberat

4 bulan tersebut perlu dengan kerja keras, jika tidak kerja keras maka mungkin bertahun-tahun pun blog anda akan tetap pada level bawah tidak akan mendapatkan kesuksesan.

Saya mengatakan hal demikian bukan berarti saya telah sukses, tapi saya telah berhasil menjadikan blog saya salah satu blog yang sering mendapatkan pengunjung organik dari hasil kerja keras saya.

Kenapa harus selama itu ? 4 bulan kan lama. Mari kita jabarkan semuanya.

Blog Masih Baru

Blog baru tidak akan serta merta langsung menjadi ramai, kecuali anda adalah tokoh terkenal, tinggal share di media sosial langsung ramai, tetapi meskipun blog anda ramai tetap saja blog anda butuh trafik dari search engine.

Kenapa blog baru menjadi alasan pertama ? blog baru sejatinya adalah anak baru di dunia blogging, itu artinya blog anda belum menjadi perhatian google, atau dengan kata lain, blog anda belum dipercaya oleh mesin pencari.

Maka dari itu ketika blog anda masih baru, anda akan sangat kesulitan menemukan blog anda di search engine manapun, terutama google.

Pernah dengar Google Sandbox, nah disanalah blog kita berada jika statusnya masih baru, meskipun domain lama tetap saja jika blog anda baru anda akan menjumpai sandbox terlebih dahulu.

Untuk mengatasinya anda hanya perlu rajin-rajin membuat konten, tidak usah terlalu banyak, cukup seminggu tiga artikel saja, dan terapkan juga SEO On-Page pada tulisan anda.

Dan ingat ketika tahap ini jangan coba-coba memberikan backlink pada blog anda, karena itu akan membuat google curiga, disearch engine saja tidak ada, tapi backlink sudah dapat, ini bagaimana urusannya.

Google Belum Mencrawl Blog Baru

Mau ramai bagaimana coba kalau google belum melakukan crawl atau survey pada blog kita, blog baru biasanya tidak langsung dapat jatah survey google, itu karena alasan tadi diatas blog anda masih dalam status sandbox.

Hal ini yang banyak dikeluhkan oleh para blogger pemula yang mulai ngeblog, mereka menulis artikel sudah seminggu, tapi blognya tidak kunjung muncul dipermukaan google.

Hal tersebut sebenarnya bisa disiasati, tapi tetap butuh waktu untuk mendapatkan artikel atau blog anda di mesin pencari, biarkan google melakukan tugasnya dulu, anda hanya fokus membuat konten untuk sekarang ini.

Loh tadi katanya bisa disiasati, mana caranya ? oh iya lupa, ini bukanlah sebuah cara atau siasat, tetapi hanya memberikan sebuah sinyal pada google bahwa blog kita sudah siap di index oleh google.

Caranya anda daftarkan blog anda ke Google Webmaster Tools atau sekarang lebih dikenal dengan Google Search Console, sebenarnya sama saja sih meskipun beda nama, hanya saja nama dulu dan nama sekarang.

Dua faktor itu saja sih sebenarnya yang menjadi penyebab kita harus bekerja keras diawal-awal ngeblog, fokus dan teruslah mengupdate blog anda ketika blog anda masih baru.

Loh kenapa cuma segitu, kirain banyak ? Banyak gimana, ini bukanlah artikel teknikal sebenarnya, ini hanyalah sebuah sharing pengalaman dalam memulai blog baru.

Banyak cara sebenarnya agar blog anda cepat terindex oleh google, tapi saya tidak berani menuliskannya disini, karena saya juga takut untuk menerapkannya.

Biarlah blog anda mengalir dirayapi oleh mesin pencari, jangan paksa-paksa itu tidak baik, jika blog anda masih belum dipercaya oleh google, ya terima saja.

Kecuali jika anda punya teknik lain yang lebih jos selain update artikel dan rajin ngepost, banyak sebeneranya caranya, anda tinggal mencari-cari artikel yang berkaitan dengan cara mempercepat index google untuk blog baru.

Tetapi saya sekali lagi mengatakan bahwa saya tidak berani menerapkannya, saya hanya bisa menerapkan beberapa langkah diatas dan tetap fokus pada blog anda.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat.

Manusia sederhana yang suka belajar dan menuliskan pengalaman yang didapat ke dalam sebuah blog.


Kita ngobrol yuk !

Tanyakan pertanyaan yang jelas, agar kami memahaminya.