Aplikasi Game Pokemon GO Selalu Memunculkan Lokasi Masjid, Apakah Berbahaya ?

judul gambar
Game yang sedang booming saat ini memunculkan kembali pro kontra baru, selain dari bahaya dari menggunakannya, yaitu terdekteksinya semua masjid kedalam aplikasi game Pokemon Go ini, apa yang membuat masjid terdeteksi atau muncul dalam aplikasi game Pokemon Go ini ?

Banyak orang yang beranggapan bahwa selain bahaya dari segi penggunaanya, Pokemon Go ini juga digadang-gadang berbahaya dari segi keamanan, karena aplikasi ini menggunakan system GPS tingkat tinggi, artinya aplikasi game ini dapat mengirimkan data ke server yang nantinya server bisa tau lokasi-lokasi yang dikunjungi oleh para pengguna game ini.
Baru-baru ini juga muncul lagi isu bahaya dari Pokemon Go ini, banyak sekali orang yang bertanya, kenapa Masjid selalu muncul dalam aplikasi ini, dan mereka mengira bahwa game ini juga digunakan untuk memata-matai Masjid-masjid yang ada di Indonesia.

Padahal tidak perlu menggunakan aplikasi untuk mengetahui Masjid-masjid di Indonesia, dengan bantuan Google Map atau Google Earth saja masjid dapat mudah dilihat, jadi anggapan Masjid ada di aplikasi Pokemon Go ini jelas salah.

Dalam Serial Kartun Pokemon, yaitu Serial yang menginspirasi terciptanya Game ini, terapat banyak sekali Pokemon Center atau PokeStop yang dalam serial tersebut berguna sebagai pusat pelatihan juga perawatan para Pokemon.

Nah karena game ini diinspirasi oleh serial Pokemon, maka perlu juga memasang Pokemon Center pada aplikasi Game ini, sebagai pusat Informasi para trainer Pokemon, dipilihlah Masjid oleh Pengembang aplikasi ini yaitu Niantic Inc. Sebagai Pokemon Center yang ada dan bertebaran di Indonesia.

Kenapa harus Masjid yang dijadikan Pokemon Center ? Karena menurut Niantic sendiri di Indonesia banyak sekali bangunan Masjid yang bertebaran hampir disemua titik, artinya banyak sekali bangunan ini ada di Indonesia, jadi niantic memilih Masjid sebagai Pokemon Center dan yang sangat pas untuk dijadikan sebagai Pokemon Center.

Kenapa tidak menggunakan bangunan lain, seperti perkantoran ? Niantic sangat jeli dalam mengembangkan Pokemon Go ini, mereka tau jika menggunakan bangunan perkantoran jelas aplikasi ini akan sangat miskin dengan pusat pokemon mereka, ini mengakibatkan aplikasi Pokemon Go ini tidak akan sama dengan serial Pokemon Go, karena minimnya Pokemon Center atau bangunan perkantoran di Indonesia.

Apakah sama di luar Negri juga menggunakan Masjid sebagai Pokemon Center ? Tidak, karena Masjid hanya untuk di Indonesia, bisa saja diluar Negri sana yang digunakan Pokemon Center adalah bangunan lain.

Jadi tidak ada alasan untuk kita menyebutkan bahwa aplikasi ini mematai-matai Masjid yang ada di Indonesia, bahkan taman kota, tugu pahlawan hingga tempat wisata juga terdapat pada aplikasi game ini.

Menurut saya orang Indonesia terlalu parnoan, akhirnya hal yang sangat membantu sekalipun dianggap sebagai hal yang negatif dan membahayakan.
judul gambar
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *