Baper Gara-gara Naskah Ditolak Penerbit

judul gambar
Bissmillah…
Selamat siang/sore/pagi/malam. Apa kabar semuanya? Semoga baik-baik saja ya. Semoga nggak ada yang baper kayak saya.

Kali ini saya bakalan ngajak curhat. Curhat kali ini bakalan berkaitan dengan naskah novel/ kumcer atau apapun itu yang membuat kalian baper. Nah, kok bisa baper gara-gara naskah sih?

Satu alasan yang membuat kalian dan saya baper sama naskah. Yaitu, saat naskah yang dikirim ke penerbit dan ternyata dapat kabar kalau naskah kita ditolak. Sakit? Iya. Kecewa? Apalagi. Nyerah aja? Jangan dong.

Tips Mengatasi Baper Gara-gara Naskah Ditolak
Sekarang saya mau ngasih tips sama kalian semua yang nasibnya sama kaya saya.

Yang pertama, jangan panik saat mendengar bahwa naskah kita ditolak. Santai aja, jangan diambil pusing. Toh, kita bisa mengirim ulang naskah itu ke penerbit lain. Masih ada kesempatan lain. Bener gak? Apalagi buat kalian-kalian yang masih muda. Mungkin belum berjodoh aja naskahmu sama penerbit yang kamu tuju.

Yang kedua, jangan langsung putus asa. Jangan nyerah gitu aja. Jangan sampai kamu terjun bebas dari menara provider hanya karena naskahmu ditolak. Jangan gitu! Yang harus kamu lakukan adalah mencoba lagi, lagi dan lagi.

Yang ketiga, kamu harus menulis lagi. Jangan berhenti menulis saat naskahmu ditolak. Tapi, teruslah menulis. Yakinlah, bahwa suatu saat nanti kamu akan menjadi penulis yang dikejar-kejar penerbit #aamiin.

Yang keempat, bersabarlah menantikan keberhasilan naskahmu menembus penerbit mayor. Bukankah pepatah mengatakan, ‘sabar itu pahit, tapi buahnya manis’. Bersabarlah! Tunggu sampai waktunya tiba.

Yang kelima, meskipun ini yang kelima, tapi ini yang paling penting. Berdo’a untuk kebaikan naskahmu. Revisi lagi naskahmu. Kirim ulang lagi. Tapi, pastikan kamu mengirim ulang naskahmu ke penerbit yang berbeda ya.

Nah mungkin itu tips yang bisa saya share. Intinya kita jangan pernah menyerah dan selalu mencoba. Tetap jaga produktivitas menulisnya ya.

Satu hal lagi, pastikan tulisan yang kamu tulis bermanfaat. Berikan bumbu yang berbeda dalam tulisanmu agar lebih memikat penerbit dan pembaca. Buat yang kebelet pengen nerbitin buku, boleh coba terbitkan bukumu di penerbit indie atau self publising.

Sekian dan terima kasih :):)
judul gambar

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *